Workshop Bussines Plan

Kegiatan workshop business plan bertujuan untuk memberikan pelatihan bisnis dan/atau kepenulisan business plan bagi anggota dan pengurus KSI Mist. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2019 pada pukul 13.00-15.30 WIB di ruang kuliah D03.1.105. Workshop business plan ini mengusung  tema “Membangun Karakter Kompetitif Mahasiswa dalam Bidang Kewirausahaan Guna Mewujudkan Indonesia yang Berdaya Saing Global. Workshop ini dihadiri oleh 44 peserta.

Persiapan kegiatan dimulai pada pukul 12.00 WIB meliputi kegiatan membersihkan dan menata ruangan, mepersiapkan sound, laptop, serta konsumsi. Pada kegiatan ini, persiapan telah selesai sebelm pukul 13.00 WIB. Adapun susunan acara yang dilaksanakan yaitu : pembukaan dan tilawah, sambutan ketua panitia, dan sambutan ketua KSI MIST, penyampaian materi oleh Miftahudin Nur Ikhsan (Owner Smart Batik Indonesia dan alumni KSI MIST 2016) yang memberikan materi tentang berwirausaha dan M.Faqihul Imam (lolos CPBBT 2019 dan sebagai staff ahli riset KSI MIST 2019) yang memandu praktik membuat business plan dengan metode business canvas, selanjutnya adalah  sesi tanya jawab dan penutupan.

Pembicara pertama, yaitu Miftahudin Nur Ikhsan menyampaikan materi tentang berwirausaha yang meliputi hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat perencanaan bisnis, proses dalam berbisnis dan lain-lain. Menurut beliau dalam berwirausaha kita harus menciptakan sebuah inovasi baru dan menentukan target pasar sesuai dengan bidang bisnis yang akan kita tekuni. Selain itu, beliau juga berbagi pengalamannya kepada peserta workshop mengenai proses beliau merintis usaha batiknya yang dimulai dari nol hingga sekarang usaha batiknya telah berkembang dan dapat meraih omset tinggi. Semua itu tentu dapat diraih dengan kerja keras, kegigihan yang diiringi dengan do’a. Selanjutnya, pembicara kedua, yaitu M.Faqihul Imam yang memandu praktik membuat business plan dengan metode business canvas. Pada business model canvass ini terdapat bagian-bagian yang harus diisi sesuai dengan rencana bisnis yang akan kita buat, bagian-bagiannya meliputi key partners, key activities, key resources, value propositions, customer relationship, customer segments, channels, cost structure dan revenue streams. Peserta workshop ini diberi waktu beberapa menit untuk mengisi business model canvas ini. Setelah itu, peserta diberi kesempatan untuk menyampaikan business plan yang telah dibuat di depan pembicara dan peserta lainnya. Kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dan yang terakhir adalah penutupan. Lalu dilanjutkan dengan pembersihan ruangan dan pengembalian alat-alat yang digunakan. Acara ini selesai pada pukul 16.00 WIB.