Senin, 13 Maret 2020 – Pada 5-8 Maret 2020 kemarin, Aji Saputra (Kimia, 2017) yang merupakan anggota KSI Mist FMIPA UNY berhasil meraih Juara 1 dan Best Poster dalam Kalijaga Innovation and Research Competition #5 di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia.

KIST (Kalijaga Innovation and Research Competition) merupakan kompetisi karya ilmiah tingkat nasional yang ditujukan untuk seluruh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang diselenggaakan secara berkala. Ajang ini merupakan wadah untuk mempresentasikan penemuan dan inovasi potensial serta menarik dari para penemu/ inovator Nasional.

Melalui karyanya yang berjudul “MICOBIN (microcontroller based grain drying): Teknologi Inovatif untuk Mengoptimalkan Produktivitas Pertanian”, mereka berhasil memperoleh Juara 1 dan Best Poster tersebut. Aji Saputra menjelaskan “Karyanya aku ambil sub tema teknologi, nah aku fokus ke permasalahan di pertanian. Alat yang aku buat itu untuk pengering gabah, tujuannya biar memudahkan petani biar gausah pake metode konvensional lagi dijemur. Karena kalo di jemur kan tergantung banget cuaca, nah kadang kalo lagi musim hujan kan sulit kering, makanya adanya alat ini bisa membantu petani, karena alatnya juga lebih efektif buat mengeringkan gabah. Daya listrik yang digunakan juga dikit jadi ga terlalu boros listrik”.

 

 

Menurut Aji Saputra, kesan dan pesan tentang lomba ini awalnya kaget pas pengumuman finalis karena agak lupa juga kalo ternyata submit disana, terus pas sudah tau lolos, langsung gerak cepat buat mempersiapkan semua keperluan seperti maket, x-banner, poster, presentasi, dan latihannya juga. Kesannya bener-bener luar biasa sih karena bisa bertemu banyak temen dari luar kampus yang luar biasa bahkan hampir dari seluruh kepulauan indonesia itu ada. Terus juga bisa punya banyak pengetahuan baru lewat karya karya yang temen-temen presentasikan karena itu juga banyak menginspirasi buat langkahku kedepannya. Mungkin pesannya buat kita biar lebih semangat buat nulis dan berkarya biar inovasi2 itu terus muncul dan bisa dimanfaatkan nantinya. Kalo pesan untuk lombanya, mungkin pengennya finalisnya ditambah dari 10 finalis jadi 15 finalis agar pesertanya nanti lebih merata dan banyak dari seluruh indonesia, ujar Aji Saputra di pungkasan kata nya.

#KPL, KSI Mist BERKARYA 2020