Sesi materi bersama Kak Ana Fitriani S.Si

Sesi materi bersama Kak Annisa Fitria (Kimia 2017)

MICO  (Mist Community)merupakan salah satu program kerja departemen Sumber Daya Anggota. Sasaran dari proker  ini adalah anggota dan pengurus KSI Mist. MICO #1 dilaksanakan sesuai dengan tanggal yang ditetapkan ketika rapat kerja KSI Mist. MICO #1 dilaksanakan secara offline pada tanggal 6 Maret 2020. Tema kegiatan MICO #1 yaitu talksahow kepenulisan dan editing. Kegiatan ini dibersamai oleh kak Annisa Fitria (Kimia 2017) dan Ana Fitriani S.Si (Matematika 2016). Diharapkan dengan pelatihan ini dapat memudahkan peserta dalam hal pemahaman dan juga teknis kepenulisan.

Jika sesuai dengan rapat kerja KSI Mist, MICO 1-3 dilaksanakan berturut-turut dengan jeda dua minggu. Namun dikarenakan adanya pandemic ini MICO #2 dan MICO #3 diundur. MICO #2 dan MICO #3 yang biasa kita lakukan secara offline, akhirnya konsep harus berubah menjadi online. Media pelaksanaannya melalui WAG. Meskipun demikian, MICO #2 dan MICO #3  tetap bisa berjalan  dengan lancar.

MICO #2 dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2020 dengan tema “Story of Contest in Abroad” (Malaysia-Thailand). Kegiatan MICO #2 dibersamai dengan kak Alsa Rizki Safitri,S.Si dan Astuti Naviah Apriliani. Dengan diusungnya tema ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan juga sebagai pemantik semangat menyiapkan diri untuk berkarya kedepannya.

Sedangkan MICO #3 dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2020 dengan tema “ Productive in Pandemic with Hydroponic”. Pemilihan tema ini karena bisa dikerjakan di rumah saja dan juga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan diri. MICO #3 dibersamai dengan dua pembicara yang memiliki pengalaman terkait dengan penerapan  sistem hidroponik, mereka adalah Zulkaisi Dwi Pangarso (Pendidikan Fisika 2016) dan Baso Samsu Rijal (Biologi 2018).

Pelaksanaan MICO #3 tidak sesuai dengan  tanggal yang direncanakan di rapat kerja KSI Mist FMIPA UNY. Hal ini dikarenakan keadaan yang tidak bisa kita tolak atau kita hindari. Pandemic merubah semua rencana awal yang telah disusun. MICO #3 yang biasa kita lakukan secara offline, akhirnya konsep harus berubah menjadi online. Meskipun demikian, MICO #3 tetap bisa berjalan  dengan lancar. Tema yang diusung di MICO #3 sedikit berbeda dengan tema di MICO sebelum-sebelumnya. Kali ini kita fokus pada sesuatu yang dapat dilakukan di rumah saja dan tentunya tetap dapat membuat kita lebih produktif, salah satunya yaitu mengembangkan sistem hidroponik. Kita tahu bahwa berkebun dengan sistem hidroponik memiliki daya Tarik sendiri. hal ini disebabkan karena bertanam dengan sistem ini lebih efisien, dan dapat menghasilkan produk yang lebih unggul.

Kegiatan MICO #3 dilaksanakan via WAG dan dibersamai dengan dua pembicara hebat yang memiliki pengalaman terkait dengan  penerapan  sistem hidroponik, mereka adalah Zulkaisi Dwi Pangarso (Pendidikan Fisika 2016) dan Baso Samsu Rijal (Biologi 2018). Kak zulkaisi merupakan  penerima hibah PMW 2019 dengan usaha kebun sistem hidroponik. Pembicara kedua yaitu kak rijal, kak rijal merupakan orang asli Sulawesi. namun dia memilih tidak mudik dan tetap stay di Yogyakarta. Di masa pandemic ini kak rijal memanfaatkan waktunya untuk mengembangkan sistem hidroponik sederhana di tempat tinggalnya.

Dua pembicara hebat ini memaparkan apa saja terkait dengan sistem hidroponik diantaranya penjelasan tentang sistem hidroponik, prosedur pembuatan sistem hidroponik, keuntungan penerapan sistem hidroponik, analisis SWOT sistem hidroponik, tips dan trik penanaman sistem hidroponik, serta  pengalaman  pembicara dalam penerapan sistem hidroponik. Harapan dari diusungnya tema ini di MICO #3 adalah  agar memberikan pandangan baru dan cara baru untuk mengisi waktu liburan dengan hal-hal yang menyenangkan namun tetap bermanfaat.

#KSI Mist Berkarya 2020