PHP2D KSI Mist FMIPA UNY Mengembangkan Wisata Embung Gunung Panggung, Tambakromo, Gunung Kidul

Festival Budaya dan Kuliner diadakan di Balai Dusun Klepu, Tambakromo, Gunungkidul. Puncak acara ini berlangsung pada tanggal 22 November mulai pukul 13.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan.

Roni AW selaku pengelola sanggar padukuhan Garon mengatakan, Kesenian yang ditampilkan pada puncak acara ini diantaranya ada tari tayub, tari anak, jathilan, wayang anak, dan tari gambyong. Penampilan beberapa budaya tersebut diperankan oleh kelompok kesenian dari berbagai dusun di Tambakromo. Diantaranya Jathilan dari Dusun Garon dan kelompok gamelan dari Dusun Bulurejo. Sedangkan penampilan budaya lain merupakan kolaborasi dari berbagai dusun di Desa Tambakromo. Kuliner yang disajikan pada acara ini merupakan produk lokal dari masyarakat Tambakromo, diantaranya ada minuman kedelai, Puli Tempe, Kerajinan Batik, dan lain sebagainya.

Puncak acara ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan diantaranya Perwakilan dusun, Kepala Desa Tambakromo, Wakil Rektor UNY, Dinas Kebudayaan, dan Dinas Pariwisata. Protokol kesehatan dan keamanan pada kegiatan ini kami bekerja sama dengan pihak kepolisian, Tagana, dan tenaga medis.

Kepala Desa Tambakromo, Sudigdyo Wiyoko, S.E. menyambut baik kegiatan puncak acara tersebut,”Puncak Acara Festival Kuliner dan Budaya ini dapat menghidupkan lagi kegiatan kesenian di Desa Tambakromo dan memperkenalkan kesenian kepada anak anak muda”.

Ketua kegiatan ini, Astuti Naviah Apriliani (Pendidikan Kimia), mengatakan PHP2D bertujuan untuk mengembangkan kembali Wisata Embung Gunung Panggung dengan diintegrasikan dengan Desa Budaya Tambakromo. Dengan adanya festival budaya dan kuliner ini dapat memperkenalkan berbagai kesenian Desa Tambakromo ke masyarakat Yogyakarta dan berharap berbagai kesenian di sini dapat Go Internasional suatu saat nanti.

Acara Festival Budaya dan Kuliner diakhiri dengan pemotongan pita sebagai simbolis pembukaan Embung Gunung Panggung yang telah direnovasi dan diberi spot foto serta penyerahan MCK portable secara simbolis dari Wakil Rektor UNY kepada Kepala Desa Tambakromo.