Milad KSI Mist merupakan program kerja terbesar dari departemen Hubungan dan Informasi KSI Mist FMIPA UNY yang memiliki tujuan untuk memperingati bahwa KSI Mist telah berdiri selama 20 tahun. Diharapkan acara ini dapat mempererat tali silaturahmi pengurus dengan alumni KSI Mist, sehingga dapat terjalin tali persaudaraan yang erat antar keduanya, kemudian dapat menciptakan iklim organisasi yang lebih kompetitif dengan adanya alumni yang berperan sebagai inspirator bagi pengurus, sehingga motivasi diri tiap pengurus semakin meningkat, dan terjalin relasi dalam memperluas informasi dan jaringan organisasi dengan berbagai lembaga atau institusi lain di luar sehingga KSI Mist dapat bermanfaat bagi semua kalangan.

Rangkaian acara milad dimeriahkan dengan adanya sayembara logo setingkat universitas yang diikuti oleh 14 peserta dengan jumlah karya sebanyak 18 karya, 10 karya lomba poster, dan 5 video ucapan departemen di KSI Mist. Kemudian, pada tanggal 11 Juli dilakukan baksos ke panti asuhan Mafaza dengan memberikan motivasi ke 31 anak panti dan memberikan bantuan berupa uang tunai, sembako, dan juga peralatan sekolah dengan jumlah keseluruhan senilai Rp 2.871.500,00 yang didapatkan dari open donasi.

Puncak acara milad KSI Mist pada tanggal 17 Juli 2022 dimeriahkan dengan prosesi pemotongan tumpeng oleh ketua KSI Mist sebagai tanda syukur KSI Mist yang telah menginjak usia 20 tahun yang bertempat di Gedung D.03.01.05 & D.03.01.06 FMIPA UNY. Kemudian acara dilanjutkan dengan symposium alumni yang bertemakan “Mitos atau Fakta : Organisasi Merupakan Penunjang Kesuksesan dalam Dunia Kerja” yang dikemas dalam bentuk talkshow dengan mengundang dua narasumber yaitu, M. Yuliantito Budiono, S.Si yang membahas terkait pengalaman yang didapatkan selama di organisasi serta manfaat yang didapatkan dari organisasi dalam pelaksanaan perkuliahan dan M. Arif Nur Rakhman, S.Pd., membahas terkait pengalaman dalam pengaplikasian manfaat berorganisasi di dunia kerja dengan membuktikan apakah benar jika pengalaman berorganisasi hanya digunakan saat menyusun CV atau terdapat manfaat lain yang dapat direalisasikan dalam dunia kerja yang dihadiri oleh 60 peserta dan panitia.

Menurut kedua narasumber diatas, disebutkan jika mereka mendapatkan banyak sekali pengalaman serta manfaat dari organisasi yang telah diikuti. Manfaat-manfaat yang didapatkan dari orgnasasi dapat menunjang segala kegiatan dalam perkuliahan, tak jarang justru aktivis kampus yag mengikuti organisasi bahkan memiliki nilai ipk yang lebih tinggi disbanding yang tidak mengikuti organisasi. Tidak hanya dalam perkuliahan, kemampuan dan engalaman yang didapatkan dari mengikuti sebuah organisasi dapat berdampak baik terhadap kinerja di dunia kerja. Hal ini menunjukkan jika pengalaman berorganisasi tidak hanya untuk memperbagus CV, melainkan pengalaman yang didapatkan kadang juga terjadi di dunia kerja, sehingga ilmu dari berorganisisasi dapat diimplentasikan ketika terjun di dunia kerja.