Kegiatan RN (Research Night) merupakan acara puncak dalam Penerimaan Anggota Baru (PAB) KSI Mist 2022. Tema kegiatan ini adalah “Young Scientists Create a Generation of Enviromental Care with Strategies in Research“. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 29 Oktober 2022 sampai 30 Oktober 2022 secara offline atau luringdi SMPN 2 Pandak. Tujuan dari Research Night adalah kaderisasi organisasi KSI Mist, menyaring mahasiswa baru FMIPA yang tertarik untuk bergabung dengan KSI Mist, memberikan pandangan mengenai kepenulisan ilmiah kepada mahasiswa baru, dan memberikan motivasi terhadap mahasiswa baru agar meningkatkan semangat berprestasi dalam bidang keilmiahan.

Research Night hari pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2022 pukul 08.00 – 11.00 WIB secara luring di Lobby Laboratorium FMIPA UNY. Kegiatan ini diisi oleh Saudari Anissa Fitria, S.Si, dimana pemateri membahas bagaimana langkah yang baik untuk menyusun Power Point dan tips dalam menyampaikannya, agar mudah dipahami, berkesan dan meyakinkan. Pada akhir penyampaian materi terdapat sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri, lalu dilanjutkan dengan ice breaking. Kemudian, pada tanggal 24 Oktober 2022 pukul 19.30 WIB dilaksanakan kegiatan Technical Meeting melalui aplikasi zoom meeting untuk menginfokan kepada calon anggota KSI Mist terkait teknis dan peraturan pelaksanaan presentasi saat Research Night pada malam hari di SMPN 2 Pandak.

Pada malam hari tanggal 29 Oktober 2022 dilaksanakan kegiatan Research Night. Kegiatan ini berkaitan dengan presentasi karya hasil dari Research Team. Presentasi dilaksanakan sekitar pukul 19.00 – 21.00 WIB. Peserta terbagi dalam 10 ruangan kelas dengan satu kelas terdapat 4 – 5 tim kecil serta 2 juri yang berasal dari pengurus dan alumni pengurus KSI Mist. Adapun waktu yang dimiliki peserta yaitu 20 menit, dengan 10 menit untuk presentasi dan 10 menit untuk tanya jawab. Motivasi dan arahan yang disampaikan oleh juri di masing – masing ruang mengakhiri agenda presentasi dan dilanjutkan dengan foto bersama. Setelah itu, dilaksanakan pentas seni yang diisi oleh panitia dan peserta KSI MIst 2022. Pada pentas seni ini berupa musikalisasi puisi, menyanyi lagu dangdut, dan menyanyi lagu pop.

Pada tanggal 30 Oktober 2022 dilaksanakan kegiatan Research Night hari kedua. Kegiatan ini berupa senam dan outbond yang diikuti oleh peserta dan panitia KSI Mist 2022. Kegiatan ini dilaksanakan sekitar pukul 06.00 – 09.30 WIB. Pada outbond terdapat 4 pos, dimana setiap pos terdapat games berupa estafet karet, tebak gaya, estafet kardus, dan voli air. Pada outbond, peserta dibagi menjadi 4 tim dan setiap tim mengikuti seluruh permainan di pos tersebut secara bergantian. Lalu dilanjutkan dengan penayangan video inagurasi dan dilanjutkan pemberian reward bagi tim terpilih yang memenuhi kriteria saat mengikuti kegiatan Research Night. Pengumuman reward berupa best proposal sebanyak 3 tim dan best presentation sebanyak 3 tim. Selain itu, pengumuman juara outbond yaitu, kelompok termenang, si paling kardus, si paling bergaya sebanyak 2 kelompok, si paling karet sebanyak 2 kelompok. Pengumuman ini diberitahukan di aula SMPN 2 Pandak.