MIPA Road to Scientific Paper and Seminar #8

Tepat satu tahun pandemi Covid-19 telah melanda seluruh dunia. Semua bidang terkena dampak dari pandemi ini. Banyak kegiatan yang seharusnya dilakukan di luar rumah terpaksa harus dilakukan di dalam rumah (work from home) untuk menghindari adanya kerumunan. Namun demikian hal tersebut tidak membatasi kegiatan mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan diri. Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Kelompok Studi Ilmiah MIPA Saintis (KSI Mist), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta mengambil kesempatan emas tersebut dengan mengadakan acara yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan, minat, serta bakat di tengah pandemi. Acara tersebut adalah “MIPA Road to Scientific Paper and Seminar #8” atau biasa disingkat MARSS#8.

MARSS sebenarnya merupakan acara tahunan yang telah diadakan  UKMF KSI Mist selama delapan tahun berturut – turut. Namun yang membedakan MARSS#8 dengan tahun – tahun sebelumnya adalah pada tahun ini telah dilaksanakan dengan berskala Internasional. Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Be an Outstanding Generation in the Advancement of Science and Technology through Diversity and Inclusion Towards Society 5.0”. Dengan dipilihnya tema tersebut diharapkan agar generasi muda saat ini memiliki kemampuan dan ketrampilan yang unggul dengan memanfaatkan kemajuan sains dan teknologi melalui adanya keberagaman serta inklusi dalam menyongsong era Society 5.0. MARSS#8 terdiri dari dua rangkaian acara yakni International Paper Competition untuk mahasiswa D3/S1 baik nasional maupun internasional dan International Seminar yang ditujukan untuk masyarakat umum baik nasional maupun internasional.

International Paper Competition MARSS#8 merupakan lomba karya tulis ilmiah internasional yang diawali dengan seleksi paper. Penyeleksian paper dilakukan secara ketat oleh reviewer yang ahli di bidangnya. Dari penyeleksian tersebut didapatkan 15 finalis yang kemudian maju ke babak final. Babak final dilaksanakan pada tanggal 22 – 26 Maret 2021 dengan mengadakan pameran virtual yang memanfaatkan teknologi VR (virtual reality) melalui platform Artsteps. Dalam pameran tersebut finalis menampilkan video interaktif dan poster yang dapat dilihat oleh pengunjung secara umum. Pemenang International Paper Competition diumumkan pada saat International Seminar.

(Room Virtual Exhibition IPC MARSS#8)

Rangkaian acara yang selanjutnya dari MARSS#8 adalah International Seminar. International seminar dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2021 dengan menggunakan platform Zoom meeting. Seminar dibuka secara resmi dengan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. Kemudian dilanjutkan dengan sesi utama yakni sesi materi yang dimoderatori oleh Isti Yunita, Ph.D.

(Sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A.)

Pemateri pada International Seminar MARSS#8 merupakan pemateri berskala internasional yang ahli di bidangnya. Pembicara utama pada seminar ini adalah Mustafa Sozbilir, Ph.D. yang merupakan wakil rektor Ataturk University Turki serta memiliki keahlian di bidang pendidikan inklusi. Lalu pemateri kedua adalah Tertsegha Joseph Anande, M.Sc., B.Tech. yang merupakan Executive Director, Nobel Heights Global Services Limited, Nigeria serta memiliki keahlian di bidang IoT. Kemudian pembicara ketiga adalah Suryandaru, S.T., M.T., merupakan co-founder dan CEO Nano Center Indonesia yang memiliki keahlian di bidang teknologi nano bubble.

(Speaker International Seminar MARSS#8)

Dengan adanya kegiatan MARSS#8 ini diharapkan mampu menumbuhkan jiwa dan kesadaran generasi muda untuk dapat berorientasi bersama membangun dunia dengan memanfaatkan kemajuan sains dan teknologi melalui keberagaman dan inklusi menuju era Society 5.0. Selain itu, kegiatan MARSS#8 ini dilaksanakan sebagai bentuk eksistensi UKMF KSI Mist FMIPA UNY dalam mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Karena MARSS#8 ini merupakan acara berskala Internasional pertama yang diadakan oleh UKMF FMIPA UNY, ketua pelaksana MARSS#8 berharap agar kegiatan ini selain bermanfaat bagi peserta namun juga dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa lain terutama Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta untuk tetap semangat dalam mengadakan acara yang bermanfaat baik tingkat fakultas, universitas, nasional, atau bahkan internasional meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19.