Pelepasan Wisuda atau PelWis merupakan salah satu program kerja dari departemen Hubungan dan Informasi (HI) KSI Mist FMIPA UNY. Acara ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antara pengurus, anggota, dan wisudawan alumni KSI sekaligus sebagai bentuk dukungan juga apresiasi dari pengurus kepada kakak alumni yang akan diwisuda. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah untuk berbagi cerita, baik pengalaman selama kuliah, membangun organisasi, prestasi, motivasi, skripsi dan kisah selama menjadi bagian dari KSI Mist. 

PelWis #5 KSI Mist dilaksanakan pada hari Jumat, 25 Februari 2022 pada pukul 16.00 sampai selesai. Dikarenakan masih dalam kondisi pandemi, PelWis #5 diadakan secara online melalui Zoom Meeting. Pada periode Februari 2022, beberapa wisudawan dari alumni KSI Mist yaitu Lisna Listiyani, S. Pd., Septiah Winda Ningrum, S. Pd., Furi Ningsih Sri Sukowati, S. Pd., Talcha Ainun Rima Nurfajri, S. Pd., dan juga Dwi Listiyani, S.Pd. Karena beberapa wisudawan terkendala untuk hadir,  PelWis #5 ini dihadiri oleh Kak Winda saja. Adapun wisudawan lainnya akan diundang kembali untuk berbagi pengalaman di PelWis selanjutnya. 

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Slamet Reza. Kemudian dilanjutkan dengan sharing time untuk berbagi pengalaman selama berorganisasi, mengikuti perlombaan, serta menyeimbangkan berbagai kegiatan baik saat kuliah maupun dalam mengerjakan skripsi, lalu dilanjutkan dengan sesi QnA. Dari sesi sharing time dan QnA ini dapat diambil pelajaran bahwa memang ada kalanya kita merasa cukup lelah baik dalam organisasi maupun saat mengerjakan skripsi. Namun bukan berarti hal itu dapat membuat kita untuk kemudian menghilang dari tanggung jawab. Situasi akan menjadi lebih baik ketika kita dapat membicarakannya dengan rekan kita, dan mungkin berterus terang untuk sejenak istirahat. Kemudian narasumber juga mengatakan bahwa saat penyusunan skripsi ada kalanya juga ide tak kunjung muncul, namun kita dapat curi start untuk mengatasi hal itu dengan banyak membaca baik jurnal maupun skripsi dari kakak-kakak tingkat. Satu hal yang menjadi titik penting dalam menjalani semua kegiatan perkuliahan ini adalah bahwasannya Tuhan pasti memberikan jalan untuk kita di waktu yang terbaik menurut-Nya, tidak lupa untuk terus berjuang dan berdoa di setiap langkah yang dilalui. 

Setelah itu, dilanjutkan dengan bermain games untuk mencairkan kembali suasana, dan ditutup dengan sesi dokumentasi. PelWis #5 ini dihadiri oleh 27 peserta baik dari pengurus maupun anggota. Materi yang disampaikan oleh pembicara sangat insighfull sehingga berhasil menarik atensi seluruh peserta dengan adanya interaksi yang aktif pada saat QnA.