Pelatihan Bersama Praktisi merupakan salah satu program kerja terbaru dari Departemen Riset KSI Mist FMIPA UNY. Pelatihan bersama praktisi dikemas dalam bentuk webinar dengan dua pembicara yaitu praktisi yang telah bekerja dibidang industri dan pendidikan. Dalam pelaksanaannya, pelatihan bersama praktisi tahun ini mengusung tema “One Step Closer to Yor Bright Future”.

Pelatihan bersama praktisi 2022 telah terlaksana dengan baik melalui beberapa tahapan. Alur yang pertama adalah pendaftaran yang dilaksanakan mulai dari tanggal 22 Oktober – 5 November 2022. Total terdapat 70 peserta yang mendaftar. Peserta yang terdaftar dari pelatihan bersama praktisi akan mengikuti rangkaian webinar dimulai dengan pemaparan materi oleh dua pembicara dan sesi tanya jawab. 

Alur selanjutnya adalah webinar pelatihan bersama praktisi yang dilaksanakan pada tanggal 6 November 2022. Kegiatan ini menggunakan platform zoom meeting yang dihadiri oleh 59 peserta yang terdiri dari panitia, dua orang praktisi, dan beberapa anggota dan pengurus KSI Mist serta mahasiswa FMIPA UNY. Kegiatan pelatihan bersama praktisi ini bertujuan untuk melakukan webinar pelatihan dengan mendatangkan praktisi yang telah bekerja dibidang industri dan pendidikan sekaligus memberikan gambaran dunia kerja dibidang terkait. 

Webinar pelatihan bersama praktisi mendatangkan alumni KSI Mist sebagai praktisiyaitu mas Aji Saputra, S.Si sebagai praktisi dibidang industri dan mas Zulkaisi Dwi Pangarso sebagai praktisi dibidang pendidikan. Kegiatan ini berlangsung dengan baik di mana setiap peserta menerima materi yang dipaparkan oleh kedua praktisi dan dapat mengajukan pertanyaan seputar mateir yang diberikan. Selain itu, webinar pelatihan ini dapat menumbuhkan semangat dan motivasi peserta dalam menekuni bidang penelitian dan pendidikan karena sangat bermanfaat di dunia kerja.