MIPA Road to Scientific Paper merupakan program kerja rutin yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Studi Ilmiah MIPA Saintis (KSI Mist) FMIPA UNY. Pada tahun 2023 sudah memasuki tahun kesepuluh dan dilaksanakan tingkat se-Asia Tenggara. MIPA Road to Scientific Paper#10 (MARS#10) mengusung tema yaitu “Realizing an Agent of Change in The Improvement of Scientific and Technology Innovation to Resolve The Global SDGs Issues”. 

Serangkaian kegiatan MARS#10 diselenggarakan meliputi Lomba Karya Tulis Ilmiah Asia Tenggara (Southeast Asia Paper Competition) dan Dialogue Series SDG’s. Southeast Asia Paper Competition dilaksanakan dari bulan Desember 2022 – Mei 2023 yang meliputi serangkaian acara berupa Abstract (daring) ; Full Paper (daring) ; Presentation Finalis (luring). Peserta lolos Abstrak sebanyak 178 team melanjutkan tahap full paper. Peserta yang mengumpulkan full paper sebanyak 85 team yang dikategorikan sebagai semifinalis. Peserta lolos full paper diundang sebagai finalis sebanyak 10 team finalis yang akan mempresentasikan karyanya di Universitas Negeri Yogyakarta pada Jum’at, 5 Mei 2023.  

Selain serangkaian Southeast Asia Paper Competition, tahun ini juga telah terlaksana Dialogue Series SDG’s yang merupakan forum inisiatif untuk belajar tentang SDG’s melalui pengalaman dialog antara pembicara yang ahli dalam bidangnya untuk membahas tentang topik dan peristiwa paling signifikan saat ini. Event ini merupakan kolaborasi MARS#10 X Globy.id. Kegiatan ini dihadiri 150 partisipan dan mengundang 3 narasumber yaitu Muhammad Hafidullah (Senior Advisor RUANG 412), Anindwitya R. Monica (Co-Founder of women in Tourism Indonesia), dan Muflih Dwi Fikri (CEO Global Millennial Group). Ketiga narasumber tersebut membahas isu-isu yang berkaitan SDG’s pada poin Ekonomi, Gender, dan Pendidikan Inklusi. 

Di akhir sesi Dialogue Series SDG’s dilakasanakan awarding bagi finalis Lomba Southeast Asia Paper Competition untuk menentukan kategori juara sesuai dengan hasil akhir pada rangkaian acara Southeast Asia Paper Competition. Juara I diraih oleh Naufal Syahrid Panrita dan team (Universitas Hasanuddin), Juara II diraih oleh Vanessa Olivia Hariko dan team (Institut Teknologi Sepuluh November), Juara III diraih oleh Ayu Diah Lestari dan team (Universitas Sriwijaya). Selamat untuk para pemenang, semoga event ini bisa dijadikan ajang sebagai jembatan sekaligus wadah inovasi dan kreativitas dalam menyikapi pembangunan berkelanjutan di Indonesia. See you next on MARSS#11!