Webinar Bedah Jurnal 2023 merupakan program kerja tahunan dari Departemen Riset KSI Mist FMIPA UNY. Program kerja ini dilakukan sebanyak satu kali dalam satu periode kepengurusan. Adapun tujuan dari program kerja ini adalah mengkaji terkait manfaat publikasi ilmiah bagi mahasiswa, informasi terkait jenis-jenis penerbit jurnal terindeks, mekanisme menerbitkan jurnal, struktur jurnal secara umum, tips and trick publikasi ilmiah, serta cara memilih kesesuaian penerbit dengan artikel ilmiah. Selain itu juga dapat menumbuhkan motivasi pada diri peserta untuk dapat melakukan publikasi ilmiah.

Webinar Bedah Jurnal 2023 dilaksanakan melalui ruang meeting online pada tanggal 1 Agustus 2023. Webinar Bedah Jurnal 2023 ini merupakan kegiatan seminar online yang dibersamai dengan dua pembicara yakni Saudari Asma’ Khoirunnisa’ dan Bapak Tatag Bagus Putra Prakarsa, S.Si., M.Sc.

Webinar Bedah Jurnal tersebut dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama membahas tentang tips and trick publikasi ilmiah, cara memilih kesesuaian penerbit dengan artikel ilmiah, dan motivasi untuk dapat melakukan publikasi ilmiah, serta tanya jawab oleh peserta dan pembicara. Sesi kedua membahas mengenai manfaat publikasi ilmiah bagi mahasiswa, informasi terkait jenis-jenis penerbit jurnal terindeks, mekanisme menerbitkan jurnal, dan struktur jurnal secara umum, serta tanya jawab antara peserta dan pembicara. Dengan adanya program kerja Webinar Bedah Jurnal 2023 diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait penyusunan artikel ilmiah dan penjurnalan serta dapat memotivasi peserta untuk dapat mempublikasikan karyanya.