Haloo sobat saintis

Bertemu lagi dengan Owl si penjelajah dunia PKM. Setelah mengikuti perjalanan Owl di 5 artikel sebelumnya, gimana nih udah makin paham belum soal PKM? Semoga sudah ya sobat saintis. Oke deh, kali ini kita akan kilas balik yaa apa aja yang udah sobat saintis dapatkan setelah mengikuti petualangan Owl kemarin. 

Di petualangan pertama Owl, sobat saintis sudah tau kan kalau PKM itu punya banyak sekali skim. Nah dari banyaknya skim PKM tersebut, kita udah bahas beberapa nih. Ada PKM-K, PKM-RSH, PKM-PM, dan PKM-RE. Keempat skim itu fokusnya tentang apa aja sih? 

Kalau PKM-K, seperti namanya yaitu kewirausahaan, skim ini biasanya fokus pada penciptaan produk kreatif dan rencana usaha. Kayak yang udah pernah kita lihat juga nih contoh produknya sebelum ini. Masih ada yang inget gak nih apa produknya? Yapp, betull belia mist. Nah kalau skim PKM-RSH fokusnya lebih pada fenomena-fenomena sosial dan riset tentang manusia sebagai makhluk sosial. 

Selanjutnya,di petualangan keempat kemarin kita juga udah bahas nih tentang PKM-PM dan PKM-RE. Untuk PKM-PM sendiri fokus pada pemberdayaan sumber daya yang ada di lingkungan, baik itu SDM, ekonomi, kesehatan, dan lain-lain. Contoh programnya juga udah kita lihat nih sebelumnya, ada program ecobrik. Nah yang terakhir banget, ada skim PKM-RE nih. Skim nya anak FMIPA, yang kemarin udah kita bahas kalau skim ini fokusnya pada fenomena-fenomena ilmiah. 

Jadi, kamu mau pilih skim yang mana nih? 

Nah, sampailah Owl di ujung petualangannya menjelajah dunia PKM.