Jum’at, 3 Juli 2020 – Pada 5-7 Juni 2020 kemarin, Tim KSI Mist FMIPA UNY yang diketuai oleh Jamaluddin Siregar (Matematika,2017), Yuliari Suprihatin (Kimia,2018), dan Baso Samsu Rijal (Biologi,2018) berhasil meraih Juara 1 kategori Kuliner dalam National Business Plan Competition (NBPC#3) di Universitas Negeri Yogyakarta.

Lomba National Business Plan Competition merupakan ajang lomba untuk mewadahi kreatifitas mahasiswa dalam mengungkapkan ide bisnisnya untuk dapat direalisasikan dalam kegiatan bisnis. National Business Plan Competition membuka wawasan guna merancang, menciptakan, serta mengembangkan unit bisnis baru. Diutamakan bisnis yang berorientasi terhadap tiga bidang yaitu kuliner, jasa, dan fashion. Yang mana kegiatan ini dalam rangkaian acara UNYFEST #3 merupakan serangkaian acara pada Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam situasi pandemic covid-19 ini, lomba National Business Plan Competition #3 diselenggarakan melalui daring/online via Google Meeting. Pada NBPC#3 ini diikuti oleh 9 perguruan tinggi dan terdapat 84 tim peserta lomba.

Tim Jamaluddin melalui karyanya yang berjudul SS FEEL GOOD : Inovasi Nugget Jamur dengan Kombinasi Kulit Udang Tinggi Protein, mereka berhasil memperoleh Juara 1 dalam kategori kuliner. Jamaluddin menjelaskan asal usul inovasi tim SS FEEL GOOD “Di daerah perkotaan makanan siap saji lebih diterima oleh masyarakat daripada kebiasaan pola makan sehat. Salah satu makanan olahan siap saji yang banyak dikonsumsi dan disukai masyarakat adalah nugget. Nugget merupakan makanan praktis, ekonomis, dan siap saji serta rasa enak menjadi kesukaan bagi semua kalangan, terutama nugget ayam. Nugget ayam memiliki kandungan lemak yang mendekati 20% menurut mutu nugget ayam berdasarkan SNI. Makanan tinggi lemak dan rendah serat signifikan terhadap meningkatnya prevalensi obesitas, sulit buang air besar, dan kolesterol yang tinggi. Perlu adanya diversifikasi nugget dengan protein dan serat yang tinggi, namun rendah lemak.”

Yuliari menambahkan kesan dan pesan dalam mengikuti ajang perlombaan ini yaitu mendapat pengalaman baru, ilmu baru, relasi baru, selain itu pesan pentingnya jangan takut mencoba hal-hal baru apalagi hal-hal positif.  Pesan untuk teman-teman semua “nikmati proses yang dijalani, berikan usaha semaksimal mungkin. jika gagal evaluasi dari prosesnya kemudian coba lagi” pungkasnya.

Semoga dengan banyaknya pengalaman dari Mahasiswa berprestasi ini dapat menularkan semangat dan motivasi untuk kita para Mahasiswa agar selalu memiliki inovasi dalam menjalani kehidupan. Selain untuk membantu masyarakat inovasi yang kita munculkan akan sangat berguna untuk mengikuti event lomba atau exhibition yang akan menambah pengalaman serta relasi kita sejak dini. Semangat dan teruslah berkarya untuk selalu berinovasi demi Indonesia yang Maju.