FOD (Forum Online Discussion) Pengabdian Masyarakat 2023 merupakan program kerja tahunan dari Departemen Riset KSI Mist FMIPA UNY. Program kerja ini dilakukan sebanyak satu kali dalam satu periode kepengurusan. Adapun tujuan dari program kerja ini adalah untuk mengetahui sistematika pengajuan proposal PPK Ormawa dan juga mengetahui pelaksanaan pembinaan desa binaan PPK Ormawa.

FOD (Forum Online Discussion) Pengabdian Masyarakat 2023 dilaksanakan melalui ruang meeting online pada tanggal 27 Februari 2023. FOD (Forum Online Discussion) Pengabdian Masyarakat 2023 ini disajikan dalam bentuk pemaparan materi dan diskusi online oleh dua pembicara hebat yakni Kak Hanifah sebagai pembicara satu dan Kak Eko Prastyo sebagai pembicara dua.

FOD (Forum Online Discussion) Pengabdian Masyarakat tersebut dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama membahas tentang gambaran umum mengenai pengenalan PPKO, penyusunan proposal PPKO, dan gambaran pelaksanaan kegiatan di desa binaan, serta tanya jawab oleh peserta dan pembicara. Sesi kedua membahas tentang manfaat PPKO, tips dan trik lolos PPKO, serta gambaran pelaksanaan kegiatan di desa binaan yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dengan adanya program kerja FOD (Forum Online Discussion) Pengabdian Masyarakat  2023 diharapkan dapat memberikan informasi mengenai sistematika pembuatan proposal PPK Ormawa, manfaat serta gambaran pelaksanaan kegiatan di desa binaan kepada anggota dan pengurus KSI Mist serta mahasiswa FMIPA UNY sehingga peserta memiliki antusiasme yang tinggi untuk berkontribusi dalam kegiatan PPK Ormawa.