Haloo sobat saintis …

Pada artikel pengenalan PKM sebelumnya, kita sudah mengetahui bahwa bidang PKM itu ada banyak sekali. Bidang-bidang tersebut mencakup ilmu eksakta, sosial, teknologi bahkan wirausaha. Di artikel kali ini, Owl mau mengajak sobat saintis untuk lebih mendalami 2 diantara 10 bidang PKM yang paling banyak diminati oleh sobat saintis. Apa saja itu? 

Bagi sobat saintis yang suka berwirausaha, tersedia PKM Kewirausahaan (PKM-K) untuk menampung ide dan minat bakat sobat saintis. Melalui PKM-K, ide usaha dan produk usaha yang sobat saintis miliki dapat dikembangkan melalui pendanaan penelitian yang ada, yang tentunya tetap memperhatikan kebutuhan dan peluang pasar yang ada. Tidak hanya berupa gagasan, namun diharapkan ide usaha atau produk usaha yang diusulkan dapat diperjual belikan ke publik. 

Selain itu, bagi sobat saintis yang memiliki minat di bidang sosial, seperti mengamati perilaku seseorang/sekelompok orang, sobat saintis dapat mencoba skim PKM-RSH (Riset Sosial Humaniora), nih. Dalam skim ini, sobat saintis akan mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan psikologi, pendidikan, dan sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat. PKM-RSH, cocok banget buat YSSA (yang sosial sosial aja), hehe. 

Bagaimana sih kak caranya agar bisa ikutan 2 skim diatas? Sini Owl jelasin sobat saintis. Tahapan untuk melakukan penelitian pada 2 skim diatas, yaitu:

  1. Membentuk tim/menemukan ide dan permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian. (boleh pilih salah satu, menemukan tim dulu baru mencari ide, atau mencari ide baru mencari tim)
  2. Membuka ketentuan PKM-K atau PKM-RSH.
  3. Menyusun proposal PKM-K atau PKM-RSH.
  4. Submit proposal ke srgate.kemahasiswaan.uny.ac.id, untuk nantinya dilakukan seleksi internal, se-UNY saja (biasanya akan dilakukan revisi dari riview internal nih sobat saintis sebelum lanjut ke tahap selanjutnya)
  5. Submit proposal ke Simbelmawa, untuk nantinya dilakukan seleksi eksternal se-Indonesia.
  6. Pengumuman lolos pendanaan dari Simbelmawa
  7. Melakukan penelitian (biasanya 4 bulan nih sobat saintis)
  8. Menyusun laporan penelitian/kegiatan
  9. Pengumuman lolos PIMNAS (puncaknya PKM dikti)
  10. Untuk sobat saintis yang lolos PIMNAS, maka sobat saintis berhak untuk mempresentasikan hasil penelitian sobat saintis di PIMNAS nanti, dan terdapat penghargaan kejuaraan juga tentunya (best presentation, dll)

Wah, keren banget yaa. Semakin semangat nggak sih untuk kelanjutannya. Stay tuned terus sobat saintis. Sampai jumpa …

Artikel #1 

Halo sobat saintis …

Bertemu dengan aku, burung hantu lucunya KSI Mist, Owl. Sobat saintis gimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Owl tebak, sobat saintis saat ini pasti sedang disibukkan tugas kuliah, benar apa benar, hehehe. Sama, Owl juga. Owl juga baru saja disibukkan penelitian PKM, nih. (Hah, PKM?) Iya, PKM. Pasti masih ada yang bingung, ya? Yuk, sini Owl jelaskan. 

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah kegiatan yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. 

PKM punya banyak bidang nih, sobat saintis. Secara garis besar, PKM bisa dibagi menjadi dua, PKM pendanaan dan non pendanaan. Siapa nih yang kepo bidang bidang di PKM? Yuk kita cek tabel berikut, sobat saintis.

Nah, dari tabel diatas, sedikit banyaknya sudah menambah pemahaman sobat saintis ya terkait bidang-bidang yang ada di PKM. Namun tetap perlu diperhatikan, bahwa setiap tahunnya, tidak semua bidang di atas akan diadakan oleh Kemendikbud Ristek, jadi tetap harus mengikuti informasi terupdate setiap tahunnya, yaa. 

Jalan jalan ke tanah jawa

Berangkatnya dengan berkuda

Masih bingung dengan bidang yang ada? 

Stay tuned terus yaa!