Senin, 11 Februari 2020 – Pada Tanggal 2-6 Februari kemarin, Latifah Nur Khasanah (Pendidikan Kimia, 2018), Astuti Naviah Apriliani(Pendidikan Kimia, 2017) yang merupakan anggota KSI Mist FMIPA UNY berhasil meraih Silver Medal dalam Thailand Inventors’ Day 2020 International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition  (IPITex)di Bitec, Bangkok, Thailand. IPITex merupakan kompetisi Penelitian internasional yang diselenggarakan oleh National Research Council of Thailand (NRCT). Ajang ini merupakan wadah untuk memamerkan penemuan dan inovasi potensial dan menarik dari para penemu/inovator internasional. Acara ini dilaksanakan setiap tahun, untuk menciptakan kolaborasi antara inventor/organisasi di Thailand dan dunia internasional. Kompetisi tersebut diikuti 45 negara dalam acara tahunan terbesar di Asia ini dengan 1.500 delegasi dari berbagai kaca internasional bertemu pada ajang yang bergengsi ini.

Melalui karyanya yang berjudul “ Ointment Of Ketapang Leaf (Terminalia catapa) As An Efford To Overcome Inside Wound In Skin” mereka berhasil memperoleh silver medal tersebut. Karya tersebut mengenai salep antiinflamasi untuk luka insisi/sayatan benda tajam. Adapun cara kerja salep ini embuat luka kering dan cepat menutup kembali sehingga sangat cocok utk luka jahitan pasca operasi. Ide ini bisa muncul awalnya tim tertarik dan penasaran dgn luka sayatan karena luka yg ditimbulkan berbeda yg sebenarnya dia cuma merobek jaringan tetapi tidak merusak fisik luarnya, kemudian kita menemukan senyawa tanin yg ternyata dpt mempercepat menutupan pd jaringan kulit dan mencegah bakteri berkembang pada luka tersebut, kemudian kita temukan tanin yang konsentrasinya tinggi pd pohon ketapang.

Menurut Astuti Naviah, faktor extern dari penelitian dan lombanya ya biasa lah soal dana, jd harus lebih sabar saat pengajuan dana dan sedikit mengorbankan tabungan, tetapi hal itu tidak masalah saat pengalaman yg lebih berharga bisa kita dapatkan.”Kita harus memiliki daya juang yang tinggi, motivasi diri sendiri dan pantaskan diri sendiri untuk layak atas mimpi dan harapanmu, jangan mudah menyerah karena hasil tak akan menghianati usahamu, proses adalah pengalaman berharga dan reward adalah bonusnya, semangat berprestasi terus yaa” ujar Naviah setiba di Yogyakarta kota Istimewa seperti tim ini.