Halo sobat saintis…..

Bertemu lagi nih dengan Owl, si burung hantu yang berpetualang di dunia PKM. Di artikel sebelumnya, sobat saintis udah lihat kan contoh produk dari PKM-K? Nah selain PKM-K dan juga PKM-RSH yang sudah kita kenal sebelumnya, masih ada banyak sekali skim PKM loh. Kali ini kita akan mengenal dua skim yang banyak diminati nih. Mau tau ada apa aja? Let’s check it out

Yang pertama ada skim PKM-RE (Riset Eksakta). Skim ini relate banget nih sama kita-kita yang anak FMIPA. Kayak FMIPA banget gitu loh Riset Eksakta ini. Di skim ini sobat saintis bisa memperdalam penelitian tentang fenomena-fenomena ilmiah. Bisa berupa penemuan senyawa, pengembangan teori, dan lain-lain. Biasanya skim ini jadi skim favoritnya anak Kimia dan Biologi nih. 

Lanjut ke skim yang kedua yaitu skim PKM-PM (Pengabdian Masyarakat). Mungkin sekilas melihat namanya skim ini mirip ya dengan skim PKM-RSH yang sudah sobat saintis kenal. Sama sama ada sosial-sosialnya gitu yaa. Eitss, tapi ternyata mereka tuh beda lho. Apa sih bedanya? Kalau di PKM-RSH sebelumnya kita mengamati fenomena sosial, kalau di PKM-PM ini kita tidak hanya mengamati fenomena sosial saja, tapi juga terjun langsung untuk menerapkan solusi yang tepat di masyarakat. 

Terus gimana sih langkah-langkah ikut kedua skim ini? Dan berapa lama penelitiannya?

Jawabannya masih sama seperti langkah-langkah di artikel ke-2 pada skim PKM-K dan PKM-RSH.

Jadi gimana nih, kamu mau ikut skim apa?

Jangan lupa untuk ikuti terus Owl menjelajah dunia PKM yaa, sampai jumpaa!